Peneliti Temukan Efek Samping Vaksin Astrazeneca Lebih Banyak Dari Pfizer

Pertimbangan hukum kedua soal kebolehan istihalah dengan mengutip pendapat Hanafiah dan Malikiyah. Berbeda dengan kehadiran vaksin covid-19 sebelumnya, Sinovac produk Sinovac Life Science Co. Semuanya berawal dari keluarnya Fatwa MUI Pusat nomor 14 tahun 2021 tentang hukum penggunaan vaksin covid-19 produk AstraZeneca yang berasal dari Inggris dan diproduksi di SK Bioscience Co. Direktur LPPOM MUI Muti Arintawari memaparkan, MUI melakukan dua langkah kajian yaitu kajian file dan kajian publikasi ilmiah.

Vaksin Astrazeneca berasal darimana

Meskipun, kata dia, MUI menetapkan vaksin AstraZeneca haram karena proses produksinya memanfaatkan enzim babi. Ketiga, ketersediaan vaksin Covid-19 yang halal dan suci tidak mencukupi untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 guna mewujudkan kekebalan kelompok atau herd immunity. Namun, Majelis Ulama Indonesia menetapkan vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca haram.

“Vaksin produk AstraZeneca ini hukumnya haram karena dalam tahapan proses produksinya memanfaatkan tripsin yang berasal dari babi,” kata Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorum Ni’am Sholeh dalam konferensi pers. Data ini dikirim WHO karena pengadaan vaksin ini melalui jalur multilateral. Mereka bekerja dengan memaparkan tubuh pada virus mati yang telah diobati dengan panas, bahan kimia atau radiasi sehingga tidak dapat menginfeksi sel dan menggandakannya. Mulai dari angka efikasi hingga efek samping yang mungkin diterima oleh para masyarakat. Pfizer dan Moderna sebelumnya menyebut, vaksin yang mereka kembangkan efektif melindungi diri dari virus corona hingga ninety five persen. Itu berarti, dari segi efektivitas, vaksin AstraZeneca yang sejatinya dikembangkan bersama University of Oxford, sedikit lebih rendah.

Vaksin ini mampu melawan gejala infeksi virus yang menyebabkan Covid-19 dengan efikasi 63,09 persen. Jika interval kurang dari 6 minggu, efikasi jadi lebih rendah yaitu 54,9 persen. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan vaksin tersebut didapatkan dari hasil kerja sama multilateral. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Kalau ada dua atau lebih hasil keputusan ijtihad yang berbeda dan bertentangan dalam satu persoalan yang sama maka semuanya benar menurut keyakinan masing-masing mujtahidnya. Hasil ijtihad tidak bisa mengkoreksi hasil ijtihad yang lain, al-ijtihadu la yunqadlu bil ijtihad. Pemerintahpun memberikan apresiasi yang maksimal dengan hadirnya Presiden Jokowi menyaksikan langsung proses vaksinasi AstraZeneca di Jombang dan Sidoarjo tersebut. Status hukum HARAM tapi BOLEH bagi telinga masyarakat yang tidak terbiasa dengan diskursus fiqh memang mengagetkan dan membingungkan. Meski MUI dalam lembar fatwanya sudah memberikan penjelasan apa dan mengapa “terpaksa” keluar standing hukum itu tapi penjelasan panjang lebar dengan dasar argumentasi yang logis argumentatif beserta data-data ilmiah tetap saja sudah tidak menarik.

Dengan saling menghormati dan menghargai apapun sikap dan keputusan yang diambil, hidup ini menjadi indah dan nyaman. Kalau sudah tercipta lingkungan yang indah dan nyaman, kekebalan tubuh akan cepat terbentuk melindungi tubuh. JAKARTA – Holding BUMN Farmasi, PT Bio Farma mencatat, 1,1 juta dosis vaksin Covid-19 asal AstraZeneca, Inggris, akan tiba di Indonesia sore ini. Jumlah ini merupakan tahap awal dari jumlah yang ditargetkan yakni sebesar four,6 juta dosis.

Menurut dr. Iqbal, hal tersebut kemungkinan terkait dengan mekanisme kekebalan tubuh seseorang. Maksudnya, bisa saja sistem kekebalan tubuh menolak vaksin jika diberikan dengan dosis awal yang terlalu besar. Peneliti Universitas Oxford sejak April lalu menggandeng AstraZeneca untuk memproduksi dan mendistribusikan antivirus corona. Guru Besar Kedokteran Universitas Oxford, Prof. Sir John Bell mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk memproduksi puluhan juta dosis vaksin corona pada akhir tahun nanti.

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Oxford University dan AstraZeneca untuk melawan infeksi virus corona. Mutasi virus B.1.1.7 disebut lebih mudah menular dibandingkan virus corona varian lainnya. Sekadar perbandingan, vaksin Sinovac yang sudah didistribusikan di Indonesia memiliki efikasi sebesar 65,three persen, berdasarkan uji klinis fase ketiga di Indonesia. Ditemukan bahwa seventy nine orang–dua pertiga dari mereka perempuan–mengalami pembekuan darah setelah menerima dosis vaksin pertama. Diketahui India juga turut memproduksi vaksin hasil kerjasama dengan perusahaan farmasi AstraZeneca.

LPPOM MUI, ujar Muti, mengirimkan dua orang Lead Auditor Bidang Obat dan Vaksin dengan bidang keahlian Biopreses Engineering dan Industrial Microbiolog. Setelah mereka melakukan kajian bahan dan proses pembuatan vaksin dari file di BPOM, mereka kemudian melakukan kajian dari publikasi ilmiah. Setelah itu, lanjut Muti, Auditor melakukan penelusuran media yang digunakan sesuai dengan temuan di publikasi ilmiah. Peneliti juga menemukan bahwa hanya 13,5 persen orang yang mengalami efek samping setelah suntikan pertama vaksin Pfizer.

Sama seperti manusia, saat tempat tinggalnya penuh, sel akan merasa sesak dan tidak dapat tumbuh dengan optimum. Oleh karena itu, digunakan enzim tripsin yang fungsinya bisa memisah-misahkan sel dengan sel, dan sel dengan cawan, sehingga bisa dipindahkan ke cawan lainnya. Ahli Bio Molekuler Ahmad Rusdan Utomo, dalam aku Youtube-nya menjelaskan menganai fungsi dan peran enzim ini dalam pembuatan vaksin. Proses ini dilakukan melalui dokumen file vaksin AstraZeneca yang dikirimkan oleh WHO ke BPOM. Salah satu tujuan Indonesia memproduksi vaksin Merah Putih adalah memainkan peranan penting untuk menjaga ketahanan kesehatan di ranah global.

Nim