Komnas Kipi Tak Temukan Efek Samping Fatal Vaksin Covid

Berlin kini mendapat tekanan dari para pakar dan politisi karena dianggap tak mengamankan cukup dosis vaksin virus corona untuk program vaksinasinya. Apapun jenis vaksin yang diberikan, reaksi tertentu tubuh setelah imunisasi adalah hal regular. Demam ringan, sakit kepala dan nyeri anggota tubuh, bengkak di lokasi suntikan atau gatal-gatal, dalam waktu tiga hari setelah divaksinasi bukanlah hal aneh. JAKARTA – Seluruh jenis vaksin Covid-19 yang digunakan dalam program vaksinasi nasional dipastikan aman, berkhasiat dan minim efek samping. Namun, dalam penggunaannya memang ditemukan berbagai laporan efek samping.

Dalam proses vaksinasi tersebut akan dilakukan beberapa pemeriksaan kesehatan yang berpedoman dengan kejujuran masyarakat yang akan divaksin. Dia juga menjelaskan bahwa wanita lebih cenderung melaporkan gejala mereka ke profesional medis dibandingkan pria. “Selanjutnya PT Bio Farma juga akan terus meningkatkan kapasitas vaksin Covid-19 sehingga dapat mencukupi kebutuhan program vaksinasi,” tambah Wiku saat menjawab pertanyaan media.

Efek dari vaksin covid

Metode uji klinis yang dijalankan terhadap vaksin hanya dirancang untuk menghilangkan gejala dan risiko kematian saat terinfeksi COVID-19. Menurut rencana, program vaksinasi COVID-19 di Indonesia akan memprioritaskan terlebih dulu tenaga kesehatan, aparat hukum, tokoh agama, dan aparatur pemerintah pusat sampai daerah. Selain itu, Presiden Joko Widodo juga mengumumkan bahwa vaksinasi akan digratiskan bagi seluruh rakyat Indonesia. Program vaksinasi COVID-19 di Indonesia rencananya akan dilakukan pada awal tahun 2021. Vaksin diharapkan dapat segera didistribusikan setelah MUI memberi cap halal dan BPOM memberikan izin edar. Namun masih banyak masyarakat yang bertanya-tanya keamanan, efek samping, dan cara mendapatkannya.

Meski begitu, setiap vaksin COVID-19 mungkin memiliki kriteria khusus untuk menentukan kondisi apa saja yang bisa menerima suntikan vaksin. Hal ini perlu diteliti lebih lanjut lagi, demi keamanan dan kemanjuran vaksin COVID-19. Dikutip dari laman resmi WHO, vaksin COVID-19 memang bisa menyebabkan efek samping seperti vaksin pada umumnya yaitu demam ringan, nyeri, atau kemerahan di tempat suntikan. Sebagian besar reaksi ringan akibat vaksin bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Bagi Bunda dan keluarga yang sudah siap untuk mendapat suntikan dosis kedua, ada empat hal yang perlu diketahui terkait hal ini. Salah satunya,efek samping vaksin yang lebih terasa dibanding suntikan dosis pertama. Jadi kalau ada di bekas suntikan itu terasa nyeri dan bengkak, itu memang proses pembentukan sistem kekebalan,” jelas Syahrizal. Serangkaian efek samping dilaporkan oleh orang-orang yang menerima suntikan vaksin pertama mereka. Walaupun intensitas gejala dapat bervariasi dari orang ke orang, beberapa efek samping yang paling umum dialami adalah seperti demam, menggigil, mual, dan nyeri tubuh.

Seperti pengalaman pada vaksin lain sebelumnya, studi jangka panjang lah yang akan memberikan kejelasan. Inilah yang disebut fase 4, dengan monitoring vaksinasi world setelah izin dikeluarkan. Berdasarkan publikasi New England Journal of Medicine, para penelitian dari University College London Hospitals menjelaskan setelah menganalisis 22 pasien yang mengalami pembekuan darah setelah menerima vaksin AstraZeneca. Ada juga keluhan bengkak atau kemerahan pada bagian tubuh yang disuntik, demam, muntah atau diare, nyeri tungkai dan lengan dan gejala serupa flu seperti demam, nyeri tenggorokan, pilek, batuk dan menggigil. Keluhan ini menurut Erlina umum atau mungkin muncul pada 1 dari 10 orang. Obat yang mengandung paracetamol bisa digunakan untuk mengatasi efek samping semisal nyeri dan atau demam.

Pemerintah mengatakan, vaksinasi Covid-19 membidik sasaran 181,5 juta orang. Data Kementerian Kesehatan hingga Jumat pukul 18.00 WIB, whole 9,8 juta orang sudah menerima suntikan vaksin pertama. KOMPAS.com – Setiap orang mengalami reaksi yang berbeda setelah tubuhnya menerima vaksin, termasuk vaksin Covid-19.

Nim