Infodemi Covid

Jadi, Profesor Dr. Zubairi Djoerban, SpPD-KHOM, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia memperkirakan bahwa dalam 2 bulan ke depan, 90% kasus Covid-19 akan didominasi oleh varian B117. Varian tersebut memiliki 23 mutasi, dibandingkan dengan versi yang muncul di Wuhan, China, setahun lalu. Tetapi 17 dari mutasi itu muncul tiba-tiba, setelah virus menyimpang dari nenek moyangnya yang paling baru.

Karena strukturnya ini, virus RNA diketahui lebih mudah mengalami mutasi. Meski begitu, frekuensi mutasi virus korona diketahui cukup stabil, bahkan tidak lebih cepat daripada virus influenza yang terkenal sangat sering bermutasi hingga vaksinnya perlu diganti setiap tahun. Layanan kesehatan nasional Inggris membuka layanan pengujian berkendara di bekas lokasi Park and Ride di Southport, Inggris. Layanan tersebut merupakan bagian dari penambahan pengujian untuk mencegah penyebaran varian baru virus korona. Pemerintah telah mendeteksi dua kasus varian baru virus corona B117 yang berasal dari Inggris.

Di China, dokter juga sedang menguji serangkaian anti-virus corona lain yang awalnya dirancang untuk mengobati Ebola dan HIV, lapor Nature Biotechnology. JAKARTA – Ilmuwan Indonesia menemukan mutasi virus corona baru yakni tipe Q677H. Sama seperti varian yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan, varian Covid-19baru di Nigeria juga memiliki tinggat penularan yang tinggi, sehingga pemerintah negara ini memberlakukan larangan perjalanan.

Maklumat itu juga bertujuan untuk memberikan perlindungan dan menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat selama pelaksanaan libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru Tahun 2021. Terpisah, Sekda Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf mengatakan, dua dari 13 ABK yang positif terinfeksi varian baru Corona asal India sudah sembuh. “Tracing, testing, dan therapy juga akan dilakukan bagi semua kontak erat dari tenaga kesehatan dan karyawan yang terkonfirmasi positif,” katanya. PELNI berkomitmen untuk tetap memaksimalkan pelayanan, kapal-kapal penumpang dioptimalkan untuk angkutan logistik ke seluruh wilayah Indonesia, terutama untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat menjelang Bulan Suci Ramadhan 1441 H dan Lebaran Tahun 2020. Namun, terkait waktu dari pelaksanaan penyekatan itu sendiri, dia mengaku tidak mengetahuinya secara element. Mengingat kondisi muatan truk yang terbatas, Aip mengaku terpaksa mengizinkan ketujuh orang tersebut untuk tetap ikut dan berada di dalam truk.

Virus covid muatan baru

Organisasi Kesehatan Dunia mengonfirmasi hal ini melalui The Covid-19 Genomics UK Consortium (COG-UK). Harisson menuturkan, pada Agustus 2020 lalu dinas kesehatan mendeteksi adanya muatan virus yang besar, yakni eleven juta copies dari salah satu warga Jakarta yang datang ke Pontianak. Terhadap orang tersebut kemudian diambil sampel virusnya untuk dilakukan pemeriksaan di Laboratorium Untan. Hasil pemeriksaan ditemukan beberapa muatan virus yang tidak sama dengan Covid-19 yakni virus yang saat ini disebut D614G. Selain itu, tidak ada satu pun dari pasien itu yang baru-baru ini pergi ke luar negeri.

Dia menerangkan sekitar enam hari lalu tetangga S meninggal dunia karena sakit. Kemudian pada malam takbiran, ujarnya, nenek-nenek itu dibawa ke rumah sakit dan hasil speedy take a look at reaktif. Peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia Riza Arief Putranto, PhD menjelaskan, guna mencegah paparan varian baru virus Corona B117, diharapkan masyarakat lebih konsisten menerapkan protokol kesehatan.

Nim