Astrazeneca Tanggapi Mui

Ada juga fasilitas dan peralatan produksi yang baru dibuat dan akan digunakan untuk vaksin covid 19. Terhadap fasilitas dan peralatan produk pernah digunakan untuk pembuatan vaksin lain, sudah dilakukan pencucian sesuai dengan ketentuan syariat (tathhir syar’i). “Berdasarkan kaidah hukum Islam dalam keadaan darurat yang tidak halal itu boleh digunakan. Maka penggunaan vaksin Covid-19 produk AstraZeneca hukumnya mubah atau boleh digunakan untuk program vaksinasi,” ucap dia. Suara.com – Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Aminudin Yaqub mengatakan pihaknya telah memutuskan berdasarkan hasil kajian bahwa produk vaksin AstraZenecca haram. Pasalnya dalam tahapan proses menggunakan tripsin yang berasal dari enzim babi.

Vaksin Sinovac babi

Menurut Atoillah, dengan pendekatan kaidah jurisprudensi Islam menurut madzhab Syafi’i yang pertama, yaitu Qo’idah “an-Niyyat”, atau tujuan pembuatan, menurut saya sudah terpenuhi. Cara membuat vaksin yang haram adalah misalnya dengan harus membunuh manusia lain. Termasuk, harus mengaborsi janin, sebagaimana isu hoaks yang kencang berhembus. Mengutip hasil Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia , Yaqut menyebut vaksin Sinovac telah dinyatakan halal dan suci.

Dari survei yang dilakukan Bank Indonesia atau BI, ekonomi Indonesia mengalami perbaikan semenjak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia. Kemendagri klaim knowledge 279 juta penduduk Indonesia yang bocor dan dijual on-line bukan berasal dari Dukcapil. Fasilitas Kampus Al Azhar Sragen hingga potret wanita Aceh yang wajahnya kerap dijadikan meme di bak truk masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini. Aksi pria nekat merangsek ke mimbar khotbah di Masjidil Haram ini viral di media sosial dan ramai dibahas oleh netizen. Informasi tentang pria Solo memukul polisi hingga reaksi Ganjar Pranowo masuk daftar berita terpopuler Solopos.com pagi ini. Ganjar Pranowo membantah tudingan pansos melalui media sosial yang dilontarkan elite PDIP dengan tegas.

Setelah penetapan itu, banyak kalangan yang menilai MUI terburu-buru dalam memutuskan fatwa. Namun, Ketua MUI Pusat Bidang Fatwa H Asrorun Niam Sholeh menyatakan bahwa proses penghalalan vaksin telah diawali dengan pemeriksaan bahan dan proses produksi. “Sudah disampaikan oleh Komisi Fatwa MUI, yang hasilnya, pertama vaksin ini tidak memanfaatkan intifaq, atau babi, bahan yang tercemar babi dan turunannya,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers pada Selasa, 11 Januari 2021. 1) tidak memanfaatkan (intifa’) babi atau bahan yang tercemar babi dan turunannya. Media pertumbuhan Vero Cell dibuat dari bahan kimia, serum darah sapi, dan produk mikrobial.

Baiklah, sebagai bangsa yang punya ‘falsafah’ kalau bisa dibikin repot untuk apa dibuat simpel, kita pun berepot-repot dahulu demi berhalal-halal kemudian. Kita berharap MUI dalam waktu tidak terlalu lama mengeluarkan fatwa halal. Bila ditemukan bahan-bahan haram di dalamnya, vaksin harus dinyatakan halal. Alasannya, ya itu tadi, vaksin menjaga kehidupan di situasi darurat pandemi covid-19. Keputusan hukum yang dikeluarkan terkait vaksin AtraZeneca itu adalah hasil ijtihad kolektif-institusional dari masing-masing lembaga MUI dan PWNU. Ketentuan hukum fatwa bersifat mengikat bagi yang mengeluarkan dan yang meminta.

Nim